Block situs menggunakan file HOST

Kebanyakan dari kita terutama seorang pemilik warnet atau admin IT suatu perusahaan pasti menginginkan untuk memblok situs yang dianggap bisa mengganggu aktivitas LAN juga kenyamanan user yang ada pada jaringan Network tersebut. Banyak software atau program yang tersedia dan berfungsi untuk memblock alamat situs yang tidak kita inginkan. Akan tetapi menggunakan suatu software di PC client bukanlah solusi yang tepat, karna selain bisa memberatkan kinerja PC itu sendiri, juga sebagian besar pengguna bisa dengan mudah mencari akal untuk mengganti settingan pada software tersebut.

Kode Smiley Di Facebook

I'm sure lots of you use the well-known Facebook, and Im sure many of you are familiar with their new little chat system they have put into play...^^ One thing they dont show, is the CODES to put smiley's in your text... so Im going to show them to you...

Gunakan Copy Paste Dengan Bijak

Seseorang yang membuat suatu hasil karya baik berupa lagu,tulisan (artikel)/dalam bentuk buku, penemuan hal-hal yang baru, software, hardware,dsb. Semuanya tidak luput dari berbagai pembajakan. Yah... mungkin saja karena rendahnya daya beli masyarakat dan kurangnya kesadaran serta sangsi hukum yang belum berjalan sempurna, menyebabkan mudahnya hal tersebut untuk dilakukan, ditambah dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

NetBeans Environment yang Powerfull

NetBeans adalah Integrated Development Environment (IDE)berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas Swing. Swing sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi Desktop yang dapat bejalan di berbagai macam platforms seperti Windows, Linux, Mac OS X and Solaris.

Backup Registry mu

Sering kita mendengar, 'back up dulu registry-nya!'.. mungkin...bagi orang awam pasti bingung tuh kalau di beri kalimat perintah seperti itu.. Apa sih registry?..Bagaimana cara membackup'nya??..

Film Hacker Legendaris dan Sejenisnya

Kehebohan awal yang dilakukan Mitnick adalah dengan mem'bobol' komputer sekolahnya. Ia memulai keisengannya “memasuki” komputer lain dengan mendial-nya melalui komputer Radio Shack Tandy dan modemnya di sebuah toko komputer. Setelah keberhasilannya memanfaatkan modem dalam menembus komputer lain, maka kemudian Mitnick lebih sering melakukan aktifitas “phreaking“, mengurai sistem jaringan telepon, sehingga di dapatkan kelemahan sistem tersebut. Keisengan “phreaking“, semula hanya sekedar ingin menelpon gratis hingga akhirnya mengisengi orang dengan mengubah status layanan telepon dan status pembayarannya.

SOFTSKILL vs HARDSKILL

semenjak dapat mata kuliah IMK dari Ibu Fenni Agustina dan juga 'wejangan' dari SETIA WIRAWAN, DR. SKOM., MMSI (padahal dosen softskill'nya sendiri belum masuk kelas...hhe) kata-kata SOFTSKILL selalu ada di kepala saya.. Apa sih softskill & hardskill?..Seberapa pentingya sih kedua elemen ini?..

SAHANA | aplikasi sistem mitigasi bencana alam
sahana1
Ternyata tidak hanya Posko Tanggap Darurat Unand yang telah menginstalasi sistem manajemen bencana ( http://www.unand.ac.id/dms/) melainkan ada
(1) http://opensource.telkomspeedy.com/sisfo-bencana/
(2) http://dm.saksigempa.org/
(3) plus peta yang mirip dan tengah dikerjakan oleh Pak Onno (http://opensource.telkomspeedy.com/map/)

Mengingat pentingnya sinergisitas kerja dan akumulasi resources supaya tidak ada yang terabaikan, posko tanggap darurat Unand menghubungi tim mediacenter (http://mediacenter.or.id/) untuk mencoba berkoordinasi.

Disini yang ingin saya ulas adalah tentang SAHANA. Sahana adalah suatu kumpulan aplikasi manajemen bencana berbasis web yang menyediakan solusi koordinasi dan kolaborasi kemanusiaan skala besar dalam situasi bencana dan akibatnya. Sahana terdiri atas beberapa modul untuk kemampuan-kemampuan berikut:

* Pemetaan Situasi - Memungkinkan anda untuk menempatkan aktivitas pada sebuah peta yang menggambarkan situasi yang ada
* Pendaftaran Orang Hilang - Membantu melaporkan dan mencari orang hilang
* Pencatatan Korban Bencana - Merunut secara internal orang yang terlantar (IDPs) dan kebutuhan-kebutuhan mereka
* Pendaftaran Organisasi - Mendaftar 'siapa yang mengerjakan apa & di mana'. Memungkinkan para penolong untuk mengorganisir sendiri aktivitas-aktivitas membantu koordinasi yang baik diantara mereka.
* Manajemen Permintaan/Bantuan - Mencatat permintaan bantuan dan mencocokkannya kepada donotur-donatur yang sudah berjanji untuk menolong.
* Pendaftaran Tempat Perlindungan - Menjejaki lokasi, distribusi, kapasitas dan uraian korban dalam tempat perlindungan.
* Manajemen Inventori - Secara efektif dan efisien mengatur bantuan pertolongan, memungkinkan pemindahan dari item-item inventori ke inventori-inventori dan catatan yang berbeda ketika item-item itu diperlukan untuk diisi kembali.
* Modul Pesan - Memungkinkan komunikasi dengan email dan pesan teks SMS ke grup-grup
* Manajemen Sukarelawan - Memungkinkan mengatur sukarelawan dengan menangkap ketrampilan, ketersediaan dan alokasi mereka.
* Katalog Bantuan - Menangkap informasi pada katalog dan satuan ukuran yang berbeda. Informasi ini akan digunakan dalam sistem seperti Sistem Manajemen Inventori dan Sistem Manajemen Permintaan.
* Sistem Pelaporan - Menggunakan system untuk mengolah laporan yang telah didapatkan berdasarkan oleh database sahana.
* Sinkronisasi - Memungkinkan pertukaran data diantara instan Sahana dengan sinkronisasi.
* Preferensi pengguna - Mengizinkan untuk melakukan konfigurasi yang diinginkan. Dimana akan membantu pengguna untuk konfigurasu yang diinginkan.
* Administrasi - Mengizinkan untuk melakukan konfigurasi sesuai kebutuhan.

Untuk lebih detailnya silahkan klik DISINI
Dengan adanya aplikasi berbasis web ini diharapkan reaksi kita terhadap bencana yang kita alami dapat dengan cepat kita respon, bantuan untuk mengevakuasi korban, bantuan logistik, infrastruktur, dsb. Karena, memang dalam (bencana) seperti gempa bumi sampai saat ini belum ada teknologi yang mampu mendeteksi kapan, dimana, serta seberapa besar kekuatan gempabumi akan terjadi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa isu akan terjadi gempabumi dengan skala besar hanyalah isu belaka. Karena memang belum bisa diprediksi secara akurat! Yang bisa kita prediksi sekarang adalah potensi terjadinya tsunami akibat dari gempa itu sendiri. Sensor-sensor diberbagai daerah di Indonesia akan melacak gempa yang berpotensi menimbulkan tsunami, kemudian dengan sengat cepat data akan dikirimkan ke BMKG di Jakarta, data yang masuk ini akan diproses secara terus-menerus oleh BMKG. Kemudian langsung di informasikan ke pada seluruh masyarakat indonesia, tentunya dengan bantuan dari semua elemen yang terkait.
Label: , edit post
Reaksi: 
2 Responses
  1. donnatalee Says:

    wah boleh juga nih.... keren patut dikembangkan....


  2. yup..sistem mitigasi seperti ini yang perlu di kembangkan..
    saya juga sering mengikuti perkembangan sistem yang serupa oleh kang Onno w purbo, http://opensource.telkomspeedy.com/map/


Poskan Komentar

  • Tertarik dengan Artikel Blog ini?

    Up date kontent blog ini via email Anda:

    Delivered by FeedBurner


    .:: UG Blogroll ::.

    Gunadarma University Gunadarma University

    UG Library UG Library
    UG Paper Repository UG Paper Repository
    UG Pasca Sarjana UG Pasca Sarjana
    WartaWarga ::BARU:: WartaWarga

    .:: Site Statistic ::.

    free counters